Ciri-ciri Penyakit Jantung

March 8th, 2013 by JantungSehat Leave a reply »
ciri penyakit jantung

ciri penyakit jantung

Ciri-ciri awal orang yang mengidap penyakit jantung sangatlah bervariasi, tergantung dari penyakit jantung apa yang dialami. Nyeri dada, seperti tertusuk, bisa saja merupakan ciri-ciri penyakit jantung. Namun, tidak di semua sakit tempat di area dada dapat dianggap sebagai ciri-ciri penyakit jantung. Tentunya ada tempat tertentu dan sering kali tidak hanya rasa seperti tertusuk. Bisa juga gejalanya disertai dengan rasa yang menjalar ke lengan, punggung, disertai keringat dingin, rasa berdebar-debar seperti tertekan benda berat, dan beberapa gejala lainnya.

Pada penyakit jantung yang disebabkan gagal jantung tentu cirinya berbeda, bahkan bisa jadi tidak ada nyeri dada sama sekali dan dapat didominasi oleh rasa sesak napas, tidur tidak bisa telentang, kaki bengkak, tidak kuat berjalan jauh, dan masih banyak lagi.

Secara global inilah beberapa ciri-ciri penyakit jantung :

  • Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.
  • Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).
  • Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
  • Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung
  • Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung
  • Berkeringat sangat banyak pada waktu malam
  • Dada dan bagian punggung terasa tertekan sehingga sulit bernafas
  • Lengan bagian dalam dari ketiak sampai siku-2, bahkan
  • Menjalar sampai ke jari-jari, terasa kram atau kesemutan
  • Rahang terasa kaku dan kram

Selain itu, juga masih banyak penyakit lain yang bisa saja bukan disebabkan gangguan jantung, melainkan memberikan gejala menyerupai penyakit jantung. Oleh sebab itu, apa yang Anda rasakan belum tentu disebabkan oleh gangguan jantung. Kemungkinan organ lainnya juga tak boleh dilupakan. Nyeri otot dada pun dapat menyebabkan gejala seperti itu.

Untuk mengetahui penyebab penyakit jantung secara pasti, tentu harus ada evaluasi terlebih dahulu sebelum bisa mengatakan Anda memiliki kelainan jantung. Jika anda mempunyai ciri-ciri penyakit jantung  seperti diatas disarankan untuk menemui dokter yang Anda percaya karena sebaiknya pemeriksaan kondisi Anda dilakukan menyeluruh.

Tags:

ciri ciri penyakit jantung, ciri-ciri penyakit jantung, ciri-ciri penyakit lemah jantung, ciri penyakit jantung, ciri ciri sakit jantung, ciri-ciri sakit jantung, Ciri sakit jantung, ciri awal penyakit jantung, ciri khas penyakit jantung, ciri2 sakit jantung

Comments

comments

Advertisement

Leave a Reply